Halaman

Rabu, 30 Januari 2013

KONFERANCAB KE XIV ANAK CABANG KEDUNG BANTENG

KONFERANCAB KE XIV

Pada tanggal 12 - 13 Januari 2013 Pimpinan Anak Cabang Kedung Banteng mengadakan konferensi yang ke-14 dimana masa kepengurusan IPNU IPPNU berakhir. Dimana kepengurusan pimpinan Rekan Kuat Waluyo & Rekanita Eva Nurhidayah di dimisioner. Kegiatan dimulai dari sore hari, dan dibuka langsung oleh Camat Kedung Banteng.

Kegiatan demi kegiatan dilakukan, saat menginjak pembacaan LPJ hujan pertanyaan. Banyak yang menanyakan kegiatan-kegiatan yang belum terealisasi, dan apa kendala yang dihadapi. Disamping itu ada pertanyaan yang diajukan oleh Rekan Tholab dari ranting Dawuhan Kulon, dimana Rekan Tholab menanyakan tentang kegiatan PRING TALI ( Paguyuban Ranting Cinta Silaturahmi ). Dia beranggapan kegiatan tersebut seperti dualisme di tubuh IPNU IPPNU Anak Cabang Kedung Banteng. Dan kegiatan tersebut tidak resmi atau ilegal. Debat sengit pun terjadi dimana perwakilan PAC yang menanggapi sekaligus Ketua dari kegiatan PRING TALI yaitu Rekan M. Happy nur Tsani.

Tapi akhirnya debat selesai setelah Rekan Happy selaku ketua dari PRING TALI sudah menyerahkan sepenuhnya kegiatan PRING TALI ke PAC untuk dikelola. Pas seminggu sebelum diadakannya KONFERANCAB.

Menginjak kegiatan selanjutnya sidang komisi, adapun sidang Komisi A, Komisi B, dan Komisi C. Sidang dipisah sesuai dengan Komisi. ( hasil sidang akan saya posting menyusul )
Setelah sidang tiap komisi selesai dikumpulkan lagi dalam satu ruangan, dan dibacakan hasil sidang tiap komisi. Malam semakin larut raut wajah bosan tersirat di wajah peserta konferensi, saat yang ditunggu-tunggu pun mulai dimana IPNU IPPNU pesta demokrasi. Tiap perwakilan mengajukan nama calon ketua yang mereka dukung, tapi sebelum itu ketua sidang membacakan tata tertib pemilihan ketua.

Ada 17 perwakilan dari perwakilan Ranting & komisariat, pengajuan calon pun dimulai dimana tahap pencalonan dimulai dari IPNU. Dimana waktu itu muncul beberapa kandidat ketua, tapi sesuai tata tertib tahap pencalonan yang lolos ketahap selanjutnya adalah yang didukung minimal oleh 4 Ranting. Waktu itu satu-satunya yang masuk ketahap selanjutnya adalah Rekan Happy, dimana Rekan Happy didukung oleh 9 Ranting mengungguli kandidat lain. Secara otomatis Rekan Happy dari Ranting Beji I menjadi Ketua Umum PAC periode 2013-2015. Tetapi yang bersangkutan telah meninggalkan area konferensi.

Dinamika pun terjadi ketika tahap pencalonan IPPNU dimana ada 2 kandidat yaitu Rekanita Fathurrohmah dari Ranting Karangsalam II dan Qurottul 'Aini S.Pd.I dari ranting Karangnangka. ketika dalam penyampain Visi Misi keduanya menyatakan ketidak sanggupannya. Debat pun tak terelakkan, tapi Ketua sidang tetap melanjutkan pemilihan ketua. Rekanita Fathurrohmah unggul jauh dari Rekanita Qurottul 'Aini S.Pd.I. Setelah penyampain hasil penghitungan suara Rekanita Fathurrohmah menyatakan ketidak sanggupannya lagi, tapi keputusan tetaplah di tangan peserta.

Stelah itu dibentuklah tim formatur untuk membatu ketua umun dalam melengkapi kepengurusan, dari IPNU yang masuk dalam tim formatur adalah Rekan Cepri Trianggoro (Asep) dari Ranting Beji II, Rekan Sugeng dari karangsalam I, Rekan Agung dari Ranting Kebocoran, dan Rekan Lutfi.
Dari IPPNU sendiri penulis lupa tidak mencatat mohon maaf.

Seminggu berselang ada surat dari PAC isi surat tersebut menyatakan bahwa Rekan Happy tidak sanggup memimpin Anak Cabang Kedung Banteng. Dan akan diadakan Konferensi Luar Biasa untuk memilih ketua, ada dua nama muncul menjadi calon ketua yaitu Rekan Miftahul Huda dan Rekan Ito setiawan mereka sama-sama dari ranting Beji I. Ketika pernyataan langsung dari Rekan Happy atas ketidak sanggupannya, lagi-lagi Rekan Tholab tidak puas atas alasan yang disampaikan oleh rekan Happy. karena Rekan Tholab beranggapan masalah pribadi jangan dibawa kedalam organisasi. "organisasi tidak akan maju lo masalah pribadi dibawa dalam organisasi",pungkas Rekan Tholab.

Penyampaian Visi Misi dilaksanakan sebelumnya ketua sidang mewakili peserta konferensi menanyakan kesanggupan dari calon ketua. Setelah selasai penyampaian Visi Misi , pemungutan suara dilakukan saat itu yang ikut dalam konferensi ada 12 Ranting. Tetapi karena ada kesalahan absensi jadi 13 Ranting. Ini pun sempat jadi masalah pada saat pemungutan suara. Setelah debat masaah itu usulan dari Rekan Yudi dari Keniten yg disetujui yaitu "apa bila selisih satu suara maka akan dilakukan pemungutan suara ulang".

Pada saat perhitungan suara Rekan Miftah mendapat 9 suara dan Rekan Ito 4 suara, jadi Rekan Miftah terpilih menjadi Ketua Umum Anak Cabang Kedung Banteng. Lalu dibentuk lagi tim formatur karena dalam peraturan tat tertib, ketika ketua terpilih mengundurkan diri secara otomatis tim formatur dibubarkan. Adapun yang terpilih menjadi tim formatur ialah Rekan Maftup Basuki ( Ranting Kebocoran ), Rekan Tholab ( Ranting Dawuhan Kulon ), Rekan Yudi ( Keniten ), Rekan Cepri Trianggoro / Asep ( Ranting Beji II ).

Smoga IPNU IPPNU kedepan akan lebih baik lagi, mari kita AMALKAN, AMANKAN, & LESTARIKAN AMALIYAH & AQIDAH AHLUSSUNAH WAL JAMA'AH.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar