Halaman

Kamis, 21 Maret 2013

Sepatutnya Kita Mencontoh Imam Ali Bin Abi Tholib KW

Sepatutnya Kita Mencontoh Imam Ali Bin Abi Tholib KW

 
Bukan satu hal yang berlebih-lebihan bila dikatakan bahwa Imam Ali as termasuk orang yang berada pada derajat pertama dalam masalah ibadah. Dengan demikian dalam hal ibadah beliau menjadi pemimpin seluruh orang-orang Mukmin. Sebagian besar dari kehidupan penuh berkahnya dilewati dengan bermunajat kepada Allah Swt.Sekaitan dengan hal ini, Imam Musa Kazhim as berkata, “Ayat ini yang menyebutkan ‘… Kamu lihat mereka ruku’ dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya, …’(1) diturunkan mengenai Imam Ali as.”
.
Dalam riwayat disebutkan bahwa di tengah berkecamuknya perang Shiffin sebelah mata Imam Ali as mengawasi musuh dan sebelahnya lagi berjaga-jaga melihat matahari dan menanti azan berkumandang
.
Ibnu Abbas yang memperhatikan hal ini berkata kepada beliau, “Saat ini sedang mencapai puncaknya peperangan dan kita tidak punya kesempatan untuk melakukan shalat di awal waktu.”Imam Ali as menjawab, “Perang yang kita lakukan menghadapi musuh ini tujuannya untuk melindungi shalat agar tetap tegak.”Beliau sendiri pernah berkata, “Ya Allah! Saya tidak pernah menyembah-Mu karena takut akan api neraka dan berharap surga. Satu-satunya tujuanku adalah sampai kepada rahmat-Mu dan dekat kepada-Mu.” (IRIB Indonesia / Saleh Lapadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar